Tempat Wisata Banda Aceh Yang Wajib di Kunjungi!

wisata banda acehMuseum tsunami Aceh

Wisata Banda Aceh – Selamat datang di website resmi eksplorwisata.com, seperti biasa kami akan menghadirkan informasi seputar tempat wisata yang ada di seluruh kota di Indonesia. Eksplor wisata kali ini mengajak kalian untuk berkeliling ke kota Banda Aceh dan mengunjungi tempat-tempat wisata menarik yang ada di sana.

Banda Aceh merupakan kota sekaligus ibu kota provinsi di provinsi Aceh. Sebagai ibu kota Provinsi tentu seluruh kegiatan pemerintahan berada di kota ini. Serta semua pusat kegiatan ekonomi, politik, sosial, dan budaya juga berpusat di Banda Aceh. Selain itu Banda Aceh juga merupakan ibu kota provinsi paling tua yang ada di Indonesia serta juga merupakan kota Islam paling tua di Asia Tenggara.

Seperti yang kita ketahui bersama pada tahun 2004 Banda Aceh mengalami kejadian yang menghancurkan seluruh kota dan infrastrukturnya. Sebuah tsunami besar melanda Banda Aceh dan menghabiskan banyak bangunan serta menimbulkan banyak korban Jiwa. Namun seiring berjalannya waktu, perbaikan terus dilakukan untuk kota Banda Aceh dan sekarang ini Banda Aceh sudah pulih menjadi kota yang cantik dan juga maju.

Banda Aceh terkenal akan keramahan warga lokalnya, karena itulah banda aceh kerap dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Selain itu saat ini Aceh juga sudah memiliki beberapa objek wisata yang menarik untuk di datangin. Sejumlah destinasi di Banda Aceh terdiri dari wisata religi, pengetahuan dan juga wisata alam. Lalu apa saja rekomendasi tempat wisata menarik di kota Banda Aceh? Simak artikel berikut ini.

Wisata Kota Banda Aceh

1. Masjid Raya Baiturrahman

Wisata Banda AcehMasjid Raya Baiturrahman

Tempat ini merupakan wisata religi bagi umat muslim seluruh dunia yang berkunjung ke Banda Aceh. Masjid Raya Baiturrahman merupakan tempat ibadah umat muslim di Banda Aceh sekaligus menjadi Landmark dari kota tersebut. Arsitektur bangunan yang sangat indah, cantik, dan megah menjadi daya tarik dari tempat ini. Masjid Raya Baiturrahman juga menjadi symbol bagi masyakarat Aceh sebagai simbol kekuatan dan ketahanan. Karena tempat ini merupakan salah satu tempat yang berhasil selamat dan bertahan dari bencana tsunami pada tahun 2004.

2. Musem Tsunami Aceh

Wisata Banda AcehMuseum Tsunami Aceh

Baca juga : Wisata Tebing Tinggi

Wisata di Banda Aceh berikutnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Museum Tsunami Aceh. Pasca insiden tersebut banyak orang yang mengenang tragedi pilu tersebut dengan berbagai cara. Kemudian Pemprov Aceh membangun Museum Tsunami Aceh untuk umum bagi masyarakat ataupun wisatawan yang datang ke Banda Aceh. Di dalam museum kalian bisa melihat berbagai koleksi museum mengenai kejadian pilu tersebut mulai dari kehancuran yang ditimbulkan hingga proses pembangunan kembali kota Banda Aceh akibat Tsunami.

3. Taman Sari Gunongan

Wisata Banda AcehTaman Sari Gunongan

Wisata di Banda Aceh ini sangat populer di kalangan masyarakat lokal. Taman ini merupakan bagian dari kerajaan Aceh Darussalam yang didirikan oleh Sultan Iskandar Muda. Taman ini diberi nama Taman Ghairah yang dikhususkan untuk sang permaisuri Putri Phang dari kerajaan Pahang. Sebagai tanda cinta dari Sultan Iskandar Muda. Tujuan dari pembuatan taman ini adalah agar Putri phang tidak merasa bosan saat di tinggal Sultan pergi menjalankan pemerintahan.

Tertarik membaca : Informasi wisata lain DESTINASI PANTAI INDONESIA

Saat ini Taman Ghairah berubah nama menjadi Taman Sari Gunongan dan terbuka untuk masyarakat umum. Dengan keindahan taman yang dipenuhi dengan tanaman cantik dan hingga kini taman ini juga masih menjadi symbol tanda cinta yang terkenal di kota Banda Aceh.

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib kalian kunjungi di kota Banda Aceh. Nantikan informasi seputar tempat wisata lainnya dari berbagai kota di Indonesia. Tentunya dengan konten yang menarik dan juga informatif hanya di website eksplorewisata.com.