Wisata Aceh

wisata di Aceh

Aceh, Eksplorwisata.com – Aceh merupakan Provinsi di indonesia yang terletak pada bagian ujung utara pulau sumatera dengan ibu kota di Banda Aceh. Letaknya dekat dekat kepulauan Andaman dan Nikobar di India dan terpisahkan oleh laut Andaman. Aceh memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah. Banyak sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan dari Provinsi Aceh. Salah satunya yaitu pariwisatanya yang sangat banyak dengan potensi luar biasa yang terdapat pada tempat wisata di provinsi Aceh.

Bagi warga Aceh sendiri berlibur merupakan kegiatan yang menyenangkan. Selain untuk menjauhkan diri dari hiruk pikuk perkotaan sejenak. Berwisata lokasi lokasi yang dekat dengan alam pun sangat menenangkan hati dan pikiran. Oleh karena itu banyak tempat Wisata di Aceh yang selalu ramai pada hari biasa apalagi saat akhir pekan tiba.

Pada Kesempatan ini eksplor wisata akan membagikan sejumlah informasi mengenai pariwisata di Provinsi Aceh yang populer dan ramai dikunjungi masyarakat aceh bahkan beberapa dari tempat wisata ini sudah terkenal hingga ke luar daerah.

Wisata di Provinsi Aceh

1. Pantai Lhok Mee

wisata acehpantai lhok mee

Pantai merupakan salah satu tempat yang sangat digemari oleh masyarakat indonesia sebagai tempat untuk berlibur saat akhir pekan. Selain karena tiket masuk yang sangat terjangkau, pemandangan alam pantai yang indah kerap menjadi tujuan utama dari para pengunjung. Selain itu berbagai kegiatan asik pun bisa dilakukan bersama keluarga terdekat. Sekaligus mengedukasi akan lebih dekat dengan alam dan tidak terus terusan bermain dengan gadget.

Seperti wisata pantai di Aceh satu ini, pantai Lhok Mee. Pantai ini terletak di Desa Lamreh, Masjid Raya, Aceh Besar. Objek wisata ini berjarak sekitar kurang lebih 35 kilometer dari pusat kota Banda Aceh.

Berbagai aktifitas pantai bisa kalian lakukan di tempat ini. Seperti berenang, bermain pasir pantai yang halus dan juga berjalan jalan menikmati suasana pantai yang indah.

Kemudian fasilitas dari pantai yang sudah cukup lengkap pun sangat membantu pengunjung yang ingin berlibur di wisata pantai aceh ini. Terdapat sejumlah pondok pondok kecil untuk berteduh dan juga banyak pedagang kecil yang mendirikan warungnya di pinggir jalan dan berjualan aneka makanan dan minuman. Selanjutnya kalian juga bisa bermain berbagai wahana yang dikelola oleh pihak pantai seperti banana boat dan lainya.

Wisata Alam di Aceh

2. Danau Laut Tawar

wisata aceh danau laut tawar

kemudian wisata di Aceh berikutnya yaitu Danau Laut Tawar yang berada di atas dataran tinggi Gayo, Serta dapat ditempuh dengan memakan waktu selama tujuh jam dari pusat kota Banda Aceh.

Suasana sejuk yang disuguhkan wisata aceh ini sungguh membuat nyaman wisatawan yang berkunjung. Kualitas udara yang baik sangat membuat pengunjung betah berlama lama di wisata satu ini. View danau laut tawar yang cantik dengan dikelilingi sejumlah bukit hijau yang indah sungguh merupakan ciptakan tuhan yang harus terus di lestarikan.

Saat tiba di kawasan danau laut tawar, kalian bisa menyewa kapal untuk berlayar dan berkeliling melihat lebih dekat suasana dari danau yang sangat indah dan sejuk. Panorama yang sangat luar biasa itulah yang membuat wisata satu ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat aceh dan juga sudah cukup terkenal hingga keluar daerah Aceh.

3. Air Terjun Pria Laot

wisata Aceh air terjun pria laot

Salah satu wisata alam di Aceh yang tidak boleh dilewatkan yaitu Air Terjun Pria Laot yang berlokasi di pelosok pulau Weh, Sabang, Aceh.

Air terjun pria laot salah satu wisata alam yang menakjubkan

Bukan hanya keindahan pantainya saja, Kabupaten Sabang,Aceh. Juga memiliki wisata alam lain yang tidak kalah cantiknya. Serta wajib kalian kunjungi apabila sedang berada di Sabang. Namun untuk mencapai tempat ini wisatawan harus melewati trek yang lumayan sulit dan menantang. Dengan melewati bebatuan terjal dan juga menyeberangi sungai agar bisa sampai di air terjun pria laot.

Namun saat sampai di tempat ini, semua perjuangan kalian akan terbayar lunas dengan indahnya panorama alam yang disuguhkan Air Terjun ini. Bebatuan besar yang menjulang ke atas dengan sisi bebatuan yang berlumut hijau alami semakin menambah kesan alami dan indah tempat ini. Dikelilingi oleh pepohonan besar yang masih sangat terawat menjadikan tempat ini sangat sejuk dan air dari air terjun pria laot ini pun sangat dingin dan menyegarkan.

Di bawah derasnya air terjun, terdapat sebuah kolam dengan luas 10 meter persegi yang berkedalaman satu hingga satu setengah meter yang kerap dimanfaatkan sebagai tempat untuk berenang. Namun tetap harus waspada dan berhati hati dalam melakukan aktivitas di tempat ini. Memang bagian kolamnya tidak terlalu dalam, namun bebatuan alami yang berlumut sangatlah licin dan bisa membahayakan bagi wisatawan.

4. Pulau Rubiah

pulau rubiah

Wisata di Aceh dengan keindahan alam bawah laut yang spektakuler

Aceh memang sangat terkenal akan keindahalan alam baharinya. Seperti tidak ada habisnya kali ini kita akan mengunjungi salah satu wisata bahari unggulan dari Aceh juga. yaitu Pulau rubiah, pulau yang masih termasuk ke dalam wilayah Sabang. Tempat ini merupakan surganya bagi para wisatawan yang senang Melakukan aktivitas diving dan snorkeling.

Bagi kalian yang tidak membawa perlengkapan sendiri bisa menyewa dari pengelola sekitar yang membanderol dengan harga cukup terjangkau. Keindahan bawah laut di pulau rubiah memang tidak perlu di ragukan lagi. Ratusan jenis terumbu karang hidup di bawah laut pulau rubiah dengan penghuninya ikan ikan kecil yang berwarna warni serta biota laut lainnya. Dengan ombak laut yang cenderung tenang, wisatawan bisa melakukan berbagai aktifitas dengan aman.

Sejumlah fasilitas juga sudah sangat lengkap di pulau rubiah ini. Tempat seperti penginapan atau resort sudah tersedia di sini. Dan juga restoran restoran dengan citarasa makanan yang lezat siap menunggu kedatangan wisatawan dari berbagai daerah. Sejumlah tempat penyewaan kendaraan juga bisa kalian temui di tempat ini. Dengan penyewaan harian yang disediakan pengunjung bisa berkeliling sekitar area pulau rubiah yang sangat indah dengan menyusuri berbagai spot spot bagus untuk berfoto.

Baca juga : Destinasi pantai maluku

5. Goa Sarang

Sama seperti wisata air terjun pria laot, Goa Sarang juga terletak di pedalaman pulau Weh. Disebut sebagai goa sarang karena terdapat sangat banyak sarang burung walet di objek wisata Aceh satu ini. Berbagai sisi dari goa benar benar penuh dengan sarang wallet yang tercipta secara alami.

Goa ini mempunyai bagian mulut goa yang langsung menghadap ke laut. Oleh karena itu, jika cuaca sedang cerah, wisatawan dapat melihat langsung kabupaten Aceh besar yang terletak di seberang pulau. Panorama lainnya dari objek wisata ini yaitu air laut yang sangat jernih yang memenuhi seluruh area dekat goa sarang dengan ombak yang tenang. Tempat ini berubah menjadi seperti kolam yang memiliki air jernih berwarna hijau kebiruan yang indah dan cantik dengan pemandangan bebatuan besar yang mengelilingi.

Tertarik dengan : Destinasi pantai di bali

Selain itu ada satu lagi keunggulan dari wisata goa sarang ini, yaitu panorama saat waktu sunset tiba. Warna langit yang berubah menjadi kemerahan sungguh sangat indah dan cantik. Hingga mampu menghipnotis siapa saja yang melihat sunset secara langsung dari objek wisata alam goa sarang ini.

Berikut adalah beberapa ulasan seputar wisata alam yang berada di Aceh. Dengan sosial dan budaya yang baik. Serta kesadaran akan menjaga dan melestarikan alam. Banyak wisata di Aceh yang memiliki potensi alam yang sangat besar yang harus dipromosikan dan di buka untuk dunia luar. Agar lebih banyak lagi wisatawan domestik dan mancanegara yang mengunjungi wisata di Aceh.