Wisata Medan

Wisata medan, Eksplorwisata.com – Kota Medan, merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang memiliki jumlah populasi penduduk yang sangat padat dan ramai. Kota medan juga merupakan salah satu kota wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah bahkan wisatawan dari mancanegara.

Kota medan terkenal akan sejumlah makanan yang lezat dan menggugah selera. Dengan masyarakat yang ramah dan juga mempunyai sosial dan budaya yang sangat terjaga dengan baik. Selain itu sejumlah tempat pariwisata di kota medan pun sangat menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berlibur di kota medan.

Pada kesempatan kali ini eksplorwisata.com akan mengajak kalian untuk berkeliling kota medan. Dan mengulas objek wisata apa saja yang bisa kalian kunjungi di kota medan. Berikut adalah pembahasan mengenai objek wisata yang ada yang ada kota medan.

Objek Wisata Kota Medan

Siapa yang tidak tau soal Kota Medan? Ibukota Sumatera Utara ini memang menyimpan sangat banyak tempat wisata yang sangat oke, dan wajib kalian kunjungi apabila sedang berlibur ke kota medan. Berbagai jenis objek wisata bisa kalian temui di kota medan. Mulai dari wisata sejarah, wisata kuliner hingga wisata alam yang sangat menakjubkan dimiliki kota medan.

Tanpa berlama-lama lagi eksplorwisata akan mengulas informasi seputar wisata di kota medan yang wajib kamu kunjungi.

1. Istana Maimun

wisata medanistana maimun

Salah satu wisata sejarah di kota medan yang sangat terkenal yaitu Istana Maimun. Bahkan objek wisata ini merupakan objek wisata yang paling populer yang berada di dalam kawasan kota Medan. Istana ini didesain oleh arsitek dari tentara kerajaan Belanda untuk Sultan Deli. Arsitekturnya inilah yang membuat istana ini begitu unik dan populer. Desain interior dari istana maimun ini memadukan unsur unsur melayu, islam, spanyol, india, belanda, dan bahkan italia.

Sekarang istana maimun telah beralih fungsi menjadi sebuah museum yang megah dan menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang populer di kota Medan.

2. Museum Tjong A Fie Mansion

wisata medanmuseum tjong A Fie

Objek wisata sejarah di Kota Medan memang cukup banyak dan masih terjaga dengan sangat baik hingga saat ini. Seperti objek wisata berikut ini yaitu museum Tjong A Fie. Merupakan sebuah mansion yang dibangun oleh Tjong A Fie , seorang pedagang sukses di kota Medan pada abad 19 hingga awal abad 20 dan menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh bagi kota Medan.

Wisata medan yang dulunya mansion seorang paling berpengaruh di Kota Medan

Untuk Mengenang seluruh jasa dari Tjong A Fie. Maka mansion atau tempat tinggal ini di revitalisasi dan mendapatkan perbaikan tanpa melakukan perubahan pada bangunan aslinya. Kemudian tempat ini juga dialih fungsikan menjadi sebuah museum. Yang bisa kalian kunjungi kapan pun, Dengan desain bangunan yang bergaya art Deco dengan kombinasi pengaruh budaya china dan Eropa.

Konon arsitekturnya dipengaruhi oleh Cheong Fatt Tze mansion yang tersohor di penang. Tempat ini sekarang dibuka untuk umum dan siapa salah boleh datang dan masuk untuk melihat indahnya bangunan mansion ini.

3. Masjid Raya AL-Mashun

Berikutnya eksplor wisata akan membawa kalian ke sebuah wisata religi yang terdapat di kota medan. Masjid Raha Al-Mashun adalah sebuah masjid besar yang berada di kota medan. Masjid ini dibangun pada masa kesultanan Deli. Dengan desain bangunan yang sangat indah dan megah. Arsitektur bangunannya memggunakan gaya perpaduan dari Maroko, Spanyol, dan Melayu. Bentuk dari masjid ini pun sangat unik dengan membentuk segi delapan. Menjadikan bagian dalam dari masjid ini sedikit berbeda dibandingan dengan masjid pada umumnya.

Wisata yang dibangun sejak jaman kesultanan deli

Diketahui luas masjid raya ini mencapai lima ribu meter persegi dam mampu menampung jamaah hingga 2.000 orang.

4. Tjong Yong Hian Gallery

eksplorwisata berikutnya akan mengajak kalian untuk mengunjungi sebah wisata sejara yang cukup unik nih di kota medan. Museum Tjong Yong Hian Gallery adalah sebuah taman yang dibangun oleh Tjong Yong hian. Beliau merupakan salah satu pengusaha dan pedagang sukses pula di kota medan dan menjadi salah satu tokoh yang berpengaruh lainnya bagi Kota Medan. Beliau merupakan kakak kandung dari Tjong A Fie yang saling bahu membahu membangun bisnis dan menjadi pengusaha hebat pada akhir abad 19.

Taman yang disebut juga taman kebun bunga atau taman Tjong Yong hian ini diresmikan pada tahun 2011. Dan area taman ini dulunya merupakan kawasan dari rumah tjong yong hian. Taman ini dibuka untuk umum dan boleh di kunjungi oleh siapa saja. Dibuatnya taman ini untuk mengenang seluruh jasa tjong yong hyan dalam usaha membangun Kota Medan.

Taman ini sangat terawat dengan baik hingga kini. Tempat ini kerap dimanfaatkan untuk berfoto foto atau untuk bersantai dengan panorama bunga dan kebun yang cantik. Serta memiliki kolam kecil dengan ikan warna warni yang hidup di dalamnya.

Wisata religi terpopuler di kota Medan

5. Maha Vihara Maitreya Cemara Asri

Eksplorwisata akan membahas wisata di kota medan yang terakhir yaitu Wisata religi di Maha Vihara
Maitreya Cemara Asri. Tempat ini lebih sering disebut dengan vihara cemara asri. Vihara ini merupakan salah satu bangunan vihara terbesar yang ada di Indonesia. Dibangun pada 1991 dan diresmikan pada 2008. Vihara ini benar-benar sangat luas dan berdiri diatas lahan seluas 4.5 hektar dan mampu menampung hingga 6.000 jemaat di tiga balai yang berbeda.

Vihara ini menjadi salah satu tempat wisata yang sangat populer di kota medan. Selain karena lokasinya yang berada di cemara asri sebagai salah satu pusat kuliner dan wisata Kota Medan. Arsitektur dari vihara ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Ornamen khas tiongkok yang terdapat di dalam bangunan vihara sangat mengagumkan dan juga juga menimbulkan kesan yang luar biasa. Selain itu terdapat pula taman avalokitesvara, taman bermain anak, dan juga toko souvenir.

Dan daya tarik lainnya lagi dari vihara ini yaitu terdapat sebuah danau kecil yang asri. Danau yang masih sangat asri dan alami dengan banyak pohon besar yang rindang dan sejuk. Serta kamu bisa melihat langsung burung burung bangau yang banyak datang ke danau ini untuk beristirahat dan mencari makanan. Kalian juga bisa memberi makanan pada ikan ikan yang ada di dalam danau.

Tertarik membaca : Wisata Aceh

Diatas adalah beberapa objek wisata di kota medan yang wajib kamu kunjungi apabila sedang berlibur di Kota Medan. Kota medan selain terkenal akan kulinernya yang beragam dan lezat. Ternyata juga memiliki tempat wisata yang cantik dan keren pula. Untuk itu jangan sambil kelewatan untuk mengunjungi wisata wisata terbaik di kota Medan lainnya.